Inilah Lampu LED Hasil Karya Anak Bangsa

Inilah Lampu LED Hasil Karya Anak Bangsa
KategoriBlog
Di lihat7070 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang
Cara Pemesanan:
Ketik order_namabarang_jumlah_nama_alamat pengiriman
Kirim SMS ke 0818420218
0818420218
0818420218
Mau Tahu Lampu LED Hasil Karya Anak Bangsa? Ini Dia

(Foto: Rochmanudin/ Blackberry)

Liputan6.com, Jakarta : Terobosan baru karya anak bangsa yang patut dibanggakan, Marsianto Gunawan, penemu energy vakum, sekaligus Presiden Direktur PT Dunia Terang Lestari (PT TDL) menciptakan lampu LED (Light Emitting Diode atau Light Emitting Device).

Lampu LED merupakan piranti pemanfaatan teknologi semiconduktor dari electroluminescent. Dengan teknologi electroluminescent yang didasarkan pada konsep pancaran cahaya yang dihasilkan oleh suatu piranti akibat medan listrik yang dipancarkan. Di dalam LED terdapat sejumlah zat kimia yang mengeluarkan cahaya jika elektron-elektron melewatinya.

Dengan mengganti zat kimia ini, dapat mengganti panjang gelombang cahaya yang dipancarkan, seperti infrared, hijau, biru, merah, dan ultraviolet. Pada dekade terakhir ini telah diperoleh kemajuan teknologi LED, sehingga lampu lebih terang namun sangat hemat listrik melalui teknologi semikonduktor.

“Lampu LED ini kami beri merek Freeneg, tidak mengandung mercury. Jadi aman untuk dipakai di rumah sakit, rumah, dan sebagainya. Dan sekarang sudah ada label dari BPPOM dan siap dipasarkan,” ujar lulusan Univeristas Trituggal Surabaya ini dalam kunjungan Wisata Energi di Kepulauan Seribu, Minggu (9/12/2012).

Sebagai perbandingan, Gunawan mencontohkan tingkat keterangan lampu (lumen) dan penghematan lampu LED hasil karyanya dengan lampu LED merek terkenal. Misalnya, jika lampu merek lain memiliki daya 9 watt (merek Philip) denga lumen 600, lampu LED buatanya hanya cukup 5 watt dengan lumen yang sama.

“Kami sudah mencoba untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara, dengan lampu konvensional sekitar 500 watt, itu dengan lampu LED ini hanya cukup pakai 40 watt. Jadi ini hanya sepersepuluhnya,” ujarnya mencontohkan.

Lebih lanjut, pria yang cukup tersohor di Amerika dan Jepang ini mengatakan, bahan yang pakai untuk lampu lapisan luar ini menggunakan bahan khusus dengan rancangan khusus, sehingga lampu ini lebih tahan pecah. Karena bukan menggunakan bahan dari kaca, tetapi sejenis bahan untuk bola ping pong. Untuk lampunya sendiri menggunakan bahan germanium dan fosfor sehingga lebih terang, hemat, dan tidak panas.

“Kami sudah memproduksi ini sebulan 500 ribu lampu. Dua bulan 1.000, dan ke dapan tiga bulam 3.000. Ini kita sudah dapat lisensi, dan siap dipasarkan di seluruh Indonesia. Kita ingin supply untuk Indonesia dulu, meskipun sudah banyak pesanan dari Filipina, Singapura, dan New Zeland,” ujarnya.

Untuk lampu LED ini, lanjut Gunawan, telah memproduksi dua jenis, yakni lampu dengan sistem pengisian ulang (sistem saver energy) dan lampu biasa. Gunawan memperkirakan daya tahan lampu LED ini mencapai 40.000 jam atau lebih dari 10 tahun. “Perusahaan lampu terkenal sudah menghubungi kami, tapi kami gak mau. Kami ingin fokus untuk di Indonesia dulu.”

“Jadi bahan lampu ini agromanium, bahan bola pingpong, kalau pakai kaca mudah pecah dan tidak terang. Indonesia negara terbesar penghasil bahan lampu LED dan semikonduktor. Kenapa tidak dimanfaatkan?,” cetusnya.

Gunawan mengaku, lampu LED karyanya memang sudah diciptakan lama oleh orang asing tahun 1948 silam. Ia hanya ingin mengembangkan agar dapat memproduksi sendiri di Tanah Air. Menurutnya, setelah mendapat lisensi dan pengakuan dari BPOM, bulan November tahun ini sudah mampu memproduksi 10.000 lampu.

“Kita ingin menyamakan dengan produk luar negeri supaya diterima di luar negeri, minimal di atasnya. Kami sudah memproduksi mulai November tahun ini. Sebulan 10 ribu, dua bulan ke depan 100.000 dan tiga bulan bisa 1 juta,” ujarnya.

“PT TDL ini bukan mempromosikan, tapi kita memperkenalkan produk sendiri, bukan negara asing, Cina dan lainya. Kita ingin membuktikan kalau kita juga bisa. Produk ini sudah ditakuti Cina. Selama ini kita hanya tukang sevice, kita gak mau,” ujarnya berharap.

“Ini ga ada rekayasa seperti Blue Energy, kita sudah patenkan semua,” tandasnya. (Frd)

Sumber: Liputan6.com
Jika ada pertanyaan silahkan menulis komentar atau berlangganan RSS feed untuk mendapatkan update produk kami via RSS.
tags: , , , , ,
  • Inilah Lampu LED Hasil Karya Anak Bangsa